Jumat, 20 Juli 2012

Tanjung Papuma, Jember


Jawa timur menyimpan banyak sekali tempat tempat yang wajib kita kunjungi kalau mampir ke provinsi tersebut. Surabaya sebagai central kota terbesar menjadi tempat persinggahan saya sebelum menuju ke tanjung papuma.

Tanjung papuma itu berada di kabupaten jember, ke arah selatan, jadi jemsel (jember selatan). Kota kecil yang bersih itu saya lewati setelah menempuh sekitar 5/6 jam perjalanan dari kota surabaya. Saya sampai di papuma itu malam, trus nginep di penginapan yang disediakan oleh pihak pemerintah disana, ratenya enggak terlalu mahal, tapi cukup seram lingkungannya, ya wajar karena kita dikelilingin sama hutan lindung.

Pagi pagi saya bangun untuk hunting foto sunrise, katanya sih papuma itu mirip sama lokasi syutingnya 'the beach' di thailand. Ternyata, siapa yang nyangka kalau bertebarannya batu batu karang menyerupai gunung bisa menjadi daya tarik di tanjung papuma ini. Ada 1 spot dimana kita bisa naik ke bukit kecil untuk melihat pemandangan tanjung papuma dari beberapa sudut yang cukup tinggi. Yah hasilnya bisa lihat di foto deh, its fooken amazing. Tetapi ya namanya orang Indonesia yang terdoktrin utk percaya mistis, jadi di mindset saya kebawa deh kalau di tanjung papuma horor untuk berenang dikarenakan pantainya yang mengadap ke selatan, padahal kalau kita lihat dari sudut pandang diving, pantai selatan pasti oke untuk diselami karena current yang cukup membuat biota laut menjadi hidup.






Enggak jauh dari tanjung papuma ada pantai watu ulo. Letaknya persis disebelah tanjung papuma, cuman terbatas sama bukit. Watu ulo berarti batu ular, karena ada 1 batu yang cukup panjang menyerupai sisik dan badan ular, warnanya coklat dan bener bener bersisik, jadilah namanya watu ulo, Di pantai itu enggak boleh berenangm karena ombak yang cukup besar.



Setelah dari watu ulo dan tanjung papuma, saya makan siang di rumah makan bu umi di papuma, ikan GT yang baru ditangkap tadi malam siap untuk dibakar, harganya enggak mahal, kita bisa tawar menawar dan jangan lupa senyum supaya lebih murah hehehe,,



Tidak ada komentar: